Posting Terbaru

Mengenal Fungsi Flat Handlebar dan Rise Handlebar


Handlebar atau stang pada sepeda mtb terdiri dari dua jenis, yaitu Flat Handlebar (stang lurus) dan Rise Handlebar (stang melengkung). Keduanya memiliki karakteristik dan kegunaan masing-masing. Untuk mengetahui karakteristik dan kegunaan dari keduanya ada baiknya mari kita simak 2 hal berikut:
  1. Flat Handlebar : Stang jenis ini biasanya sering digunakan pada cabang olah raga sepeda cross country (xc rase), karena ideal untuk mengejar speed serta mempertahankan kestabilan sepeda dan rigiditas dalam menaklukan tanjakan. Penggunaan Flat Handlebar akan membuat posisi pengendara relatif membungkuk sehinga berat tubuhnya sedikit condong ke depan, dengan posisi membungkuk inilah pengendara akan lebih stabil dalam mengejar speed dan menaklukan tanjakan.
  2. Rise Handlebar : Stang jenis ini cenderung digunakan oleh para downhiller, maniak all mountain atau free rider. Stang jenis Rise Handlebar ini ideal untuk mengoptimalkan handling dan kontrol pada kemudi, terutama di medan turunan tajam dan berkecepatan tinggi. Rise handlebar memiliki kemampuan meredam getaran yang lebih baik dibanding flat handlebar. Kemampuan meredam getaran ini sangat penting untuk membantu mengurangi rasa lelah pada lengan akibat buzzing saat melewati medan off-road.
Nah, itulah perbedaan karakteristik dan kegunaan dari Flat Handlebar dan Rise Handlebar yang sedikit bisa saya sampaikan. Bertolak ukur dari hal di atas tiada maksud dari saya untuk menyombongkan diri, maksud dan tujuan saya tidak lain hanya sekedar ingin berbagi informasi dan bertukar pikiran dengan rekan-rekan sekalian pecinta sepeda, khususnya sepeda mtb. Adapun kelebihan dan kekurangan dari tulisan ini, saya pribadi mohon dikoreksi, Karna pada dasarnya tidak ada manusia di dunia ini yang sempurna.




    0 komentar:

    Posting Komentar


    Pengikut

     

    Sahabat Sepeda | Blognya Sahabat Sepeda Cikampek Copyright © 2011 -- Template created by O Pregador -- Powered by Blogger

    Terima Kasih telah berkunjung di blognya Sahabat Sepeda Cikampek!