Posting Terbaru

Kirkpatrick Macmillan

Kirkpatrick MacmillanMacmillan adalah seorang pandai besi Skotlandia, dia adalah salah seorang yang memberikan ”kontribusi” terhadap lahirnya sepeda. Kirkpatrick Macmillan lahir pada tahun 1812 di Dumfriesshire. Sebagai seorang pemuda dia rajin dalam melakukan berbagai pekerjaan, sebelum akhirnya memutuskan bekerja di bengkel pandai besi ayahnya pada tahun 1824. Kala itu ia mulai berpikir untuk membuat sepeda yang lebih baik. Ketika bekerja di bengkel itulah sekitar tahun 1839 dia berhasil menciptakan pedal sepeda. Pada waktu itu sepeda sudah bisa didorong oleh gerakan reciprocating horizontal kaki pengendara pada pedal. Sehingga sepeda bisa melaju tanpa perlu menjejakkan kaki ke tanah lagi agar sepeda mau meluncur. Gerakan ini ditransmisikan ke engkol pada roda belakang dengan menghubungkan batang, sepeda ini masih sangat berat dan diperlukan fisik yang cukup kuat untuk menaikinya. Namun demikian, Macmillan cepat menguasai seni mengendarai sepeda itu di jalan, dan segera terbiasa untuk menempuh perjalanan empat belas-mil untuk Dumfries dalam waktu kurang dari satu jam. Selanjutnya dia mencoba menempuh perjalanan 68 mil ke Glasgow yang memakan waktu dua hari pada bulan Juni 1842. Pada perjalanan itu ia didenda lima shilling karena menabrak dan menyebabkan cedera ringan untuk seorang gadis kecil yang sedang berlari di jalanan.

Macmillan tidak pernah memikirkan untuk mempatenkan
penemuannya atau mencoba untuk menghasilkan uang dari temuannya itu, tetapi orang lain yang melihatnya langsung menyadari akan potensi temuannya Macmillan, dan segera membuat salinannya untuk dijual. Namun, Macmillan cukup peduli dengan penemuannya yang telah diminta, ia lebih memilih untuk menikmati hidup tenang di negara di mana dia di lahirkan. Macmillan meninggal pada tanggal 26 Januari 1878.
[www.bbc.co.uk]

0 komentar:

Posting Komentar


Pengikut

 

Sahabat Sepeda | Blognya Sahabat Sepeda Cikampek Copyright © 2011 -- Template created by O Pregador -- Powered by Blogger

Terima Kasih telah berkunjung di blognya Sahabat Sepeda Cikampek!