Posting Terbaru

Olahraga Ekstrim dan Manfaatnya

Anda sedang mengalami stres berat saat ini? Luangkan lah sejenak waktu Anda di akhir pekan nanti bareng rekan-rekan Anda untuk berolahraga. Olahraga ekstrim dipercaya bisa menjadi solusi untuk menghilangkan stres, salah satunya adalah olahraga Mountain Biking (sepeda gunung). Mengendarai sepeda gunung khusus di jalanan terjal sambil menikmati keindahan alam menjadi kesenangan tersendiri bagi yang mencobanya.

Secara umum, kategori kegiatan dalam mountain biking terbagi atas cross country, trail riding, downhill, free-ride, street riding, dirt jumping, dan trials. Namun, yang lebih sering dilakukan tentunya adalah recreational cross country, trail riding, dan street riding, di mana kegiatan yang dilakukan lebih bersifat rekreasi.

Manfaat kesehatan : membakar lemak tubuh karena adanya aktivitas tubuh secara kontinyu, membuat sistem kardiovaskular tubuh bekerja dengan lebih baik akibat aktivitas tinggi jantung dan paru-paru sehingga tubuh dengan sendirinya menjadi lebih fit, serta melatih otot kaki, dan yang pasti bisa mengurangi stres berat setelah sepekan sibuk dengan rutinitas pekerjaan.

Dalam olahraga ekstrim tentunya tidak pernah lepas dari yang namanya resiko. Karena itu untuk menghindari resiko tersebut sebelum melakukan kegiatan bersepeda gunung, sebaiknya kita harus tahu beberapa faktor yang perlu diperhatikan sebelum Anda melakukan olaharaga ekstrim tersebut.

Perlengkapan Standar
Untuk menghindari resiko yang tidak kita inginkan saat melakukan kegiatan bersepeda gunung sebaiknya kita harus menggunakan beberapa perlengkapan bersepeda sesuai standar yang berlaku, seperti helm, sepatu, sarung tangan, dan kacamata.

Skil / Keterampilan
Selain faktor perlengkapan, agar kita lebih terampil dalam melakukan kegiatan bersepeda gunung sebaiknya kita juga harus melatih skil atau keterampilan kita dalam mengendalikan sepeda. Untuk itu butuh latihan rutin agar bisa mengendalikan sepeda dengan baik dan aman di berbagai trek dengan kecepatan tinggi. Butuh skil dan ketrampilan yang tidak bisa instant kita peroleh tanpa sering mencobanya di alam.

Periksa kesehatan terlebih dahulu
Pastikan Anda mengunjungi dokter untuk mengetahui kesiapan fisik Anda dalam melakukan olahraga ekstrim yang akan dilakukan. Bila memang fisik Anda tidak siap, ada baiknya untuk menunda rencana tersebut.

0 komentar:

Posting Komentar


Pengikut

 

Sahabat Sepeda | Blognya Sahabat Sepeda Cikampek Copyright © 2011 -- Template created by O Pregador -- Powered by Blogger

Terima Kasih telah berkunjung di blognya Sahabat Sepeda Cikampek!