Posting Terbaru

Bersepeda

Selain untuk kesehatan, kini bersepeda telah menjadi bagian dari gaya hidup. Bagi sebagian orang yang gemar bersepeda, sepeda digunakan untuk berolah raga, sabagai moda transfortasi alternatif untuk bekerja, atau sekedar untuk ajang gaul seperti kebanyakan pengguna sepeda fixie yang belakangan ini sedang trend terutama bagi kalangan anak muda.
Jumlah pengguna sepeda terus bertambah dari tahun ke tahun. Bahkan kini Komunitas sepeda pun semakin banyak bermunculan, meski hanya terlihat pada saat akhir pekan saja. Di kota-kota besar seperti Jakarta kini telah dibuat jalur khusus untuk pengguna sepeda meski pun keberadaanya masih belum sesuai pada fungsinya. Seperti yang pernah saya lihat, di Bandung jalur sepeda kini telah berubah fungsi menjadi tempat ngetem angkot dan becak, bahkan tak sedikit pula mobil mewah yang ikut parkir di sana.

Manfaat dan keuntungan Bersepeda

Dilihat dari berbagai aspek, banyak sekali manfaat dan keuntungan yang dapat kita peroleh dari kegiatan bersepeda.
  • Kesehatan 
  • Manfaat utama dari bersepeda sudah pasti untuk kesehatan tubuh agar tetap selalu bugar dan tidak mudah terserang oleh berbagai penyakit. Bersepeda selain menyehatkan juga dapat mengurangi tingkat stress akibat kepenatan rutinitas. Para peneliti menyatakan bahwa aktivitas olah raga yang terbaik adalah gabungan dari olah raga beban seperti fitness dan olah raga gerak seperti bersepeda. Banyak yang takut betisnya akan jadi besar seperti tukang becak bila sering bersepeda, terutama kaum perempuan. Bersepeda itu tidak akan membuat betis membesar. Betis dan paha tampak membesar akibat adanya tumpukan lemak di sana. Sebaliknya dengan bersepeda tubuh akan menghasilkan gerak yang mampu membakar tumpukkan lemak pada tubuh. Sehingga dengan begitu akan mendapatkan bentuk badan yang ideal. Jadi tak perlu takut lagi untuk memulai sehat dengan bersepeda.
  • Ekonomi 
  • Di tengah situasi ekonomi yang turun naik saat ini, sepeda bisa jadi altenatif untuk menghemat ongkos transportasi bagi karyawan yang tidak mendapatkan fasilitas bus jemputan. Dengan bersepeda ke tempat kerja, sekolah, dan ke kampus, kita dapat lebih hemat ketimbang menggunakan kendaraan bermotor, karena tidak perlu beli BBM. Sepeda tidak membutuhkan pajak kendaraan, pajak jalan, asuransi, dan tentu saja bahan bakar. Sehingga kita gak perlu pusing memikirkan biaya untuk membayar pajak-pajak tersebut.
  • Lingkungan 
  • Bersepeda tidak menimbulkan polusi udara sehingga baik buat lingkungan sekitar dan lebih sedikit polusi suara tentunya.

    0 komentar:

    Posting Komentar


    Pengikut

     

    Sahabat Sepeda | Blognya Sahabat Sepeda Cikampek Copyright © 2011 -- Template created by O Pregador -- Powered by Blogger

    Terima Kasih telah berkunjung di blognya Sahabat Sepeda Cikampek!